Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Arrasyid Babussalam Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara sebelum diterapkan teknik pembelajaran permainan kartu huruf hijaiyah. Memastikan tingkat membaca anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Arrasyid Babussalam, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, berikut penerapan teknik pembelajaran permainan kartu huruf hijaiyah. Mengakui kemajuan membaca anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Arrasyid Babussalam, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, menyusul penerapan teknik pembelajaran permainan kartu huruf hijaiyah. Dengan subjek penelitian berjumlah 40 siswa kelas B RA Arrasyid Babussalam, penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data penelitian ini digunakan observasi, ujian lisan, pencatatan setiap siklus dengan teknik bermain, dan analisis media kartu huruf dengan metode deskriptif kualitatif. Sebelum menggunakan metode permainan kartu, rata-rata skor indikator “mengetahui huruf hijaiyah dari awal sampai akhir” adalah 70 (17,5%). Nilai rata-rata indikator “mampu membedakan huruf hijaiyah yang bunyinya hampir sama” adalah 70 (12,5%). Terakhir, rata-rata skor indikator “mampu membaca huruf hijaiyah sesuai maknanya dengan benar” adalah 70 (12,5%). Pemahaman membaca huruf hijaiyah siswa meningkat dengan penggunaan pendekatan pembelajaran permainan kartu huruf dibandingkan sebelumnya.
Copyrights © 2024