Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Buruknya Pelayanan Publik Dalam Hal Empati Dan Daya Tanggap: Berdampak Pada Kepercayaan Masyarakat Terhadap Generasi Mendatang Di Kabupaten Lombok Barat

Baehaqi, Baehaqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan good governance di dua satuan kerja perangkat daerah (Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan). Serta memberikan rekomendasi bagian pelayanan yang harus diperbaiki untuk memberikan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan mereka pada dimensi pelayanan yaitu Tangible, Empathy, Assurance, Responsiveness dan Reliability. Tingkat pelayanan diukur dengan menggunakan persepsi pengguna layanan yang telah selesai menerima berbagai macam layanan, termasuk 106 responden dari dua instansi pemerintah. Data dianalisis dengan teknik IPA dengan kuesioner dengan 14 indikator pelayanan publik kepada responden. Temuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan publik Dinas Kesehatan menunjukkan kualitas pelayanan pada Tangible (Bukti Fisik) sebesar 72,64%, Empathy (Empati) sebesar 37,74%, Assurance (Jaminan) sebesar 73,59%, Responsiveness (Daya Tanggap) sebesar 56,61% dan Reliability (Kehandalan) sebesar 82,08%. Sedangkan pelayanan publik Dinas Pendidikan-Kebudayaan merepresentasikan kualitas pelayanan pada Tangible sebesar 77,36%, Empathy sebesar 46,23%, Assurance sebesar 80,66%, Responsiveness sebesar 40,06% dan Reliability sebesar 81,14%. Penelitian ini menunjukkan perlunya pemerintah daerah Lombok Barat untuk meningkatkan kualitas pelayanan, terutama daya tanggap dan empati. Kedua dimensi ini dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...