Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia
Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024

PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN BISNIS BAGI MASYARAKAT

Lenti, Febri Nova (Unknown)
Winarno, Basuki Heri (Unknown)
Pujiarini, Erna Hudianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Majelis Zikir Bantul berlokasi di Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DIY. Saat ini memiliki 78 orangĀ  jamaah yang sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai perajin, pengusaha kecil menengah, petani, karyawan, tukang dan pegawai negeri. Majelis zikir Bantul dibawah Yayasan Abdul Khalik Fajduani (YAKF) adalah sebuah organisasi dakwah yang berlokasi di kec Bantul kab Bantul DIY yang sebagian besar jamaahnya adalah pelaku usaha seperti pembuat kusen dan mebel, jasa catering dan makanan, petani, pedagang, tukang. Organisasi ini memiliki program Majelis Ilmu yang diadakan setiap seminggu sekali dengan materi materi yang tidak terbatas pada ilmu agama tetapi juga materi life skill yang dirasa bermanfaat untuk membantu peningkatan ekonomi jamaahnya. Banyak anggota Jamaah Majelis Zikir yang memiliki usaha kecil dan menengah, namun, banyak anggota jamaah yang masih menggunakan metode pemasaran tradisional, yang membatasi jangkauan dan efektivitas pemasaran mereka Keterbatasan ini sering kali mengakibatkan rendahnya visibilitas produk dan kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran yang efektif.Metode pengabdian yang dapat dilakukan meliputi : 1)identifikasi kebutuhan, 2)Pelatihan dan workshop, 3)Pendampingan praktis, dan 4)Pembuatan materi promosi.Hasil dan ketercapaian sasaran yang diharapkan berupa 1) peningkatan pengetahuan digital marketing dengan ditunjukkan sebanyak 80% anggota jamaah yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman tentang konsep dasar digital marketing, termasuk SEO, media sosial, dan konten pemasaran, 2) keterampilan praktis ditunjukkan dengan adanya sekitar 75% peserta dapat menjalankan kampanye sederhana dengan bimbingan, 3)tercipta lebih dari 40 materi promosi, termasuk poster dan brosur, yang dirancang oleh anggota jamaah. Hal ini meningkatkan kualitas dan daya tarik produk yang ditawarkan, 4)setelah implementasi digital marketing, beberapa anggota mengalami peningkatan visibilitas produk mereka di media sosial, dengan rata-rata interaksi (like, komentar, dan share) meningkat hingga 60%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia is here to provide a forum for National researchers in the field of Applied Technology and Digital Technology to handle and manage various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society and to publish original articles ...