PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 2 No. 05 (2024): SEPTEMBER 2024

EDUKASI PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA KELAS 5-6 di SDN 2 CILIANG

Dewi, Devi Silvia (Unknown)
Dhiaulhaq, Fauzan (Unknown)
Puadah, Niki Nurul (Unknown)
Nurjanah, Nadia (Unknown)
Ramdani, Usep Purkon (Unknown)
Saepurrohman, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program edukasi pencegahan kekerasan seksual bagi siswa 5-6 di SDN 2 Ciliang. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan membangun kedekatan dan keterlibatan aktif serta positif yang fokus hanya pada keterlibatan siswa sebagai aktor utama dalam proses edukasi tentang kekerasan seksual. Metode pengabdian ini terbagi dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan, namun kegiatan ini menggunakan format ceramah. Peristiwa kekerasan seksual antar siswa merupakan permasalahan besar, terutama jika terjadi di sekolah, di rumah, atau di lingkungan lain. Tidak jarang terjadi peristiwa kekerasan seksual yang menimbulkan trauma pada korbannya. Permasalahan yang ditemui di SDN 2 Ciliang adalah terkait dengan kurangnya dukungan dan pengetahuan tentang edukasi pencegahan kekerasan seksual yang diberikan pendidik kepada siswa untuk 20 peserta, serta kurangnya pengetahuan siswa tentang edukasi pencegahan kekerasan seksual di SDN 2 Ciiang. Melalui pengabdian ini, siswa secara pribadi akan meningkatkan pemahamannya mengenai jenis-jenis kekerasan seksual, dampaknya, dan pencegahan kekerasan seksual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...