Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah
Vol. 1 No. 9 (2024): CENDEKIA : Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah, September 2024

Peningkatan Kualitas Pelayanan: Studi Kasus Layanan Penyedia Otobus Bus Gunung Harta Bali

Budi Mardikawati (Politeknik Transportasi Darat Bali)
Neo Gracio Deo Kagatanaribe (Politeknik Transportasi Darat Bali)
Putu Satya Keshawa (Politeknik Transportasi Darat Bali)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Pemahaman kualitas pelayanan Perusahaan Otobus (PO) Bus Gunung Harta sebagai rekomendasi perbaikan layanan. Penelitian bertujuan mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan oleh PO Bus Gunung Harta. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan pengumpulan data kuesioner kepada penumpang PO Bus Gunung Harta, dengan jumlah responden 140 orang. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor seperti keterjangkauan, kesetaraan, keteraturan dan protokol kesehatan dari layanan PO Bus Gunung Harta di atas rata-rata kepuasan pengguna. Sedangkan layanan yang perlu ditingkatkan adalah keamanan, keselamatan dan kenyamanan. Hasil analisis indikator tiap faktor, layanan faktor kenyamanan indikator jumlah penumpang yang diangkut sesuai dengan kapasitas Bus, mempunyai nilai kepuasan paling tinggi, namun layanan faktor keselamatan, indikator terdapat buku panduan penumpang, mempunyai nilai paling rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi peningkatan kualitas layanan dalam industri transportasi bus di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health

Description

CENDEKIA : Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Economics, Health, ...