Journal of Innovation and Sustainable Empowerment
Vol. 3 No. 2 (2024)

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Buku Ghina’ul Athfal di TK Dharma Wanita Ngrayudan 1

Maulaya, Rosendah Dwi (Unknown)
Ashari, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini memiliki peran penting dalam memperkenalkan dasar-dasar agama Islam, terutama karena Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an. Program pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi guru dan siswa di TK Dharma Wanita Ngrayudan 1 dalam memperkenalkan Bahasa Arab melalui media lagu-lagu yang dikemas dalam buku Ghina’ul Athfal. Metode Participatory Action Research (PAR) digunakan dalam penelitian ini, melibatkan 32 siswa dan 3 guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis lagu dapat meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah hafalan kosakata dasar Bahasa Arab, dan menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa tersebut. Selain itu, guru-guru juga diberdayakan untuk menerapkan metode serupa secara mandiri di masa mendatang. Program ini diharapkan dapat diteruskan oleh para guru sehingga pembelajaran Bahasa Arab di TK dapat berlangsung secara berkelanjutan dan lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pub

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Innovation and Sustainable Empowerment (JISE), Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan. JISE terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. JISE ...