Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 3 No 1 (2022): Juni

PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DI SMA DARMA UTAMA

Samosir, Nidia Joistin (Unknown)
Sinaga, Dearlina (Unknown)
Siahaan, Mian (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Untuk menganalisis kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Darma Utama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Darma Utama pada bulan Agustus 2024. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan dalam analisis data kualitatif menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kompetensi manajerial kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap mutu pendidikan sekolah. Kompetensi manajerial kepala sekolah, yang mencakup kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, terbukti memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang baik mampu merumuskan visi dan misi sekolah yang jelas, serta mengimplementasikan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...