Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri 107467 Gunung Para, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan quasi eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini melibatkan 26 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tesAnalisis data dilakukan dengan teknik statistik menggunakan uji N-gain. Menurut hasil uji hipotesis, distribusi hasil belajar IPS siswa kelas IV adalah normal berdasarkan uji Kolmogorov-Smirnov satu sampel, dengan skor N-gain akhir sebesar 0,65 atau 65%, yang dikategorikan sebagai sedang. Rata-rata nilai pretest adalah 55,23 dan rata-rata nilai posttest adalah 83,54. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh pada hasil belajar IPS dan meningkatkan efektivitas pembelajara
Copyrights © 2025