Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kondisi objektif sopan santun siswa kelas III SD saat berada dilingkungan sekolah; 2) Untuk mengetahui apa penyebab kurangnya sikap sopan santun siswa kelas III SD; 3) Untuk mengetahui cara meningkatkan pengetahuan siswa tentang sopan santun siswa kelas III SD. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 17 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian, 1) kondisi sopan santun siswa dilingkungan sekolah sebelum dan sesudah diterapkan metode role playing berbeda. Dengan diterapkannya metode tersebut pengetahuan siswa tentang sopan santun meningkat menjadi sangat baik. 2) penyebab kurangnya sopan santun siswa karena pengetahuan tentang sopan dan santun yang rendah. 3) melalui Pendidikan pancasila pengetahuan siswa tentang sopan santun dapat meningkat setelah diterapkannay metode role playing dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan pancasila dalam meningkatkan pengetahuan sopan santun siswa kelas III SDN 17 Singkawang dapat disimpulkan bahwa pengetahuan sopan santun siswa dapat meningkat dengan diterapkannya metode role playing di dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024