Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

ANALISIS PEMANFAATAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS III SDN 17 SINGKAWANG

Ardianti, Nur (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)
Mariana, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kondisi objektif sopan santun siswa kelas III SD saat berada dilingkungan sekolah; 2) Untuk mengetahui apa penyebab kurangnya sikap sopan santun siswa kelas III SD; 3) Untuk mengetahui cara meningkatkan pengetahuan siswa tentang sopan santun siswa kelas III SD. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 17 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian, 1) kondisi sopan santun siswa dilingkungan sekolah sebelum dan sesudah diterapkan metode role playing berbeda. Dengan diterapkannya metode tersebut pengetahuan siswa tentang sopan santun meningkat menjadi sangat baik. 2) penyebab kurangnya sopan santun siswa karena pengetahuan tentang sopan dan santun yang rendah. 3) melalui Pendidikan pancasila pengetahuan siswa tentang sopan santun dapat meningkat setelah diterapkannay metode role playing dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis pemanfaatan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan pancasila dalam meningkatkan pengetahuan sopan santun siswa kelas III SDN 17 Singkawang dapat disimpulkan bahwa pengetahuan sopan santun siswa dapat meningkat dengan diterapkannya metode role playing di dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...