Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PENGARUH LATIHAN SPEED LADDER TERHADAP TEKNIK DASAR DRIBBLING DALAM EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMAN 2 INDRAMAYU

Abdullah Syafiq (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dhika Bayu Mahardhika (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Citra Resita (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan speed ladder terhadap teknik dasar dribbling pada ekstrakurikuler futsal di SMAN 2 Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Indramayu. Populasi penelitian ini adalah anggota/siswa ekstrakurikuler futsal yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretest and posttest design. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes proses teknik dasar dribbling dari penelitian ini. Rata-rata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan mengalami peningkatan dribbling pada telapak kaki yang signifikan dari 56,70 menjadi rata-rata posttest sebesar 82,50. Sementara itu, hasil perhitungan uji hipotesis Paired Sample T Test dengan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum perlakuan dengan nilai rata-rata setelah perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa latihan speed ladder dapat mempengaruhi teknik dasar dribbling pada ekstrakurikuler futsal di SMAN 2 Indramayu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...