Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024 In Build

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL CIRCUIT LEARNING DI KELAS IV SDN 11 BUKIT APIT PUHUN KOTA BUKITTINGGI

Elsa Nurul Fauziah (Unknown)
Elfia Sukma (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi peserta didik menggunakan model Circuit Learning di kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan menggunakan model Circuit Learning. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul ajar siklus I menunjukkan rata-rata 86,25 (B), meningkat pada siklus II menjadi 95(A). Penilaian aktivitas guru siklus I yaitu 83,75 (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,5(A). Penilaian aktivitas peserta didik siklus I yaitu 83,75 (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,5 (A). Penilaian terhadap keterampilan menulis peserta didik pada teks narasi pada siklus I yaitu 79,7(C), meningkat pada siklus II menjadi 89,40 (B). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Circuit Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik di kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...