Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Dengan Bantuan LKPD Kuis Berbasis Games Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Waingapu

Atasiwu, Isda Bana (Unknown)
Makaborang, Yohana (Unknown)
Enda, Riwa Rambu Hada (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan bantuan LKPD kuis berbasis games terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Waingapu. Jenis penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII MIPA2 (kelas kontrol) dan kelas XII MIPA3 (kelas eksperimen). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Teknik dan instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji nomalitas dan homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas kontrol 71,19 (pre-test) dan 79,36 (pos-test). Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,52 (pre-test) dan 85.44 (pos-test). Hasil uji hipotesis paired sample t test dapat diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 dengan tingkat signifikansi 0,05 sehingga nilai sig (2-tailed) 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan LKPD kuis berbasis games berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pembelahan sel kelas XII MIPA3 di SMA Negeri 2 Waingapu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...