Pendidikan hanyalah salah satu bidang yang dipengaruhi oleh meluasnya modernitas. Saat ini, tingkat pengetahuan dan kecerdasan seseorang tidak ada hubungannya dengan nilai pendidikannya. Karakter seseorang hanya dapat diubah melalui pendidikan, oleh karena itu pendidikan patut mendapat perhatian penuh. Menerapkan dan menanamkannya sejak usia muda sangatlah penting. Kehadiran kegiatan keagamaan di sekolah berpotensi mempengaruhi kepribadian siswa, namun dalam kadar yang berbeda-beda. Sekolah ini mempunyai visi dan misi mengenai pengembangan kecerdasan beragama melalui partisipasi dalam acara keagamaan. Tujuan dari penelitian ini antara lain :1) Untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negeri 2 Probolinggo, 2) Untuk mengetahui hasil dari pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negeri 2 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif-kualitatif berdasarkan desain penelitian lapangan, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan pencatatan, untuk mengkaji bagaimana aktivitas keagamaan siswa membentuk karakter religiusnya. Siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII, serta kepala MA Negri 2 Probolinggo, guru pendidikan agama Islam, dan guru mata pelajaran umum semuanya menjadi peserta penelitian ini. Beberapa metode yang digunakan dalam analisis data antara lain reduksi data, penyajian/penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) proses pembentukan kecerdasan religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negri 2 Probolinggo dilakukan dengan beberapa tahapan. 2) hasil pembentukan kecerdasan religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negri 2 Probolinggo .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024