Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa melalui penerapan media tiga dimensi dilengkapi LKS crossword puzzle. Penelitian ini merupakan penelitia tindak kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilakukan dari kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terdiri dari 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang gunakan yaitu: tes soal pilihan ganda (posttest), penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus terdapat nilai rata-rata 72.38 dengan presentase siswa yang mencapai KKM yaitu 29% sedangkan persentase siswa yang tidak mencapai KKM yaitu: 71%, di kategorikan rendah. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I terdapat nilai rata-rata 80.95 dengan presentase siswa yang mencapai KKM yaitu 76% sedangkan persentase siswa yang tidak mencapai KKM yaitu: 24%, kemudian hasil belajar psikomorik siklus I nilai rata-rata 71.66, yang kategori baik terdapat 8 orang siswa dengan presentase 38%, sedangkan siswa yang kategori kurang 13 orang siswa yaitu: 62%. Hasil belajar siswa siklus II nilai rata-rata 90.47 dengan persentase siswa yang mencapai KKM 90% sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM yaitu: 10%, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar kognitif, kemudian hasil belajar siswa psikomotorik siklus II nilai rata- rata 80.24, yang dikategorikan sangat baik terdapat 16 orang siswa dengan presentase 76%, sedangkan siswa yang dikategorikan kurang 5 orang siswa yaitu: 24%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media tiga dimensi dilengkapi LKS crossword puzzle dapat meningkat hasil belajar siswa di SMP Kristen Payeti kelas VIII C pada materi sistem pernapasan manusia
Copyrights © 2024