Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motitivasi siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini disebab karena guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran housekeeping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMK Pariwisata Dalung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengambilan sampel adalah total sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP 1 di SMK Pariwisata Dalung yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan pada motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD pada kelas XI AP 1. Hal ini dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 70,55%, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 83,28%. Peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I dengan persentase sebesar 32,26%. Peningkatan hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68,29, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 81,52. Peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024