E-modul merupakan modul versi elektronik yang digunakan sebagai sarana pembelajaran, berisi materi, metode, batasan dan cara penilaian yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition pada pelajaran IPS Paket B setara SMP/MTS di PKBM Kendedes Malang, (2) Kelayakan e-modul (modul elektronik) berbasis Flip PDF Corporate Edition. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan 4D menggunakan empat tahapan (define, design, develop, disseminate), namun karena keterbatasan watu penelitian, maka peneliti hanya melaksanakan sampai tahap ke-3 yaitu develop. Validasi e-modul melibatkan 1 orang ahli media dan satu orang ahli materi. Objek penelitian berupa e-modul IPS. Instrumen yang digunakan untuk kelayakan e-modul meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Hasil e-modul yang sudah dibuat berupa link berbentuk online mencakup materi IPS Paket B setara SMP/MTS; (2) E-modul dengan nilai ahli media sebesar 85% dan ahli materi sebesar 88%. hal ini mengimplikasikan bahwa e-modul hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024