Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesiapan satuan pendidikan di empat kecamatan di Kabupaten Poso dalam melaksanakan P5 berbasis multiliterasi serta karakteristik multimodalitas dalam P5 tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran dengan desain explanatory-sequential. Jumlah satuan pendidikan yang menjadi subjek penelitian ini adalah 7 satuan pendidikan, terdiri dari 1 SD swasta, 3 SD negeri, 2 SMP negeri, dan 1 SMK negeri. Data diolah menggunakan tiga langkah yaitu olah data kuantitatif secara statistik, olah data kualitatif dengan prosedur Miles dan Huberman, serta triangulasi dan integrasi seluruh hasil olah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) satuan pendidikan di Kabupaten Poso sedang beralih dari tahapan awal ke tahapan berkembang; jenis Literasi yang sering dipadukan ke dalam P5 adalah Literasi Budaya dan Literasi Bahasa, dan; 3) Karakteristik modes atau saluran informasi yang digunakan dalam P5 adalah multimodal dengan jenis moda audiovisual berformat video sebagai moda dengan frekuensi penggunaan tertinggi.
Copyrights © 2024