Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 5 No. 1 (2024): Oktober

Pandangan Revolusioner Generasi Z Terhadap Praktik Money Politik: Tinjauan Literatur

Putri, Aan Iminullah Eka (Unknown)
Sukmana, Oman (Unknown)
Susilo, Rachmad Kristiono Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Praktik money politik masih mengakar di berbagai negara demokrasi, termasuk Indonesia, meskipun upaya pemberantasan korupsi terus dilakukan. Generasi Z, yang tumbuh di era digital dan memiliki akses informasi yang luas, semakin kritis terhadap praktik ini. Namun, masih terdapat kesenjangan antara kesadaran dan tindakan nyata Generasi Z dalam menentang money politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mensintesis temuan dari berbagai studi empiris dan konseptual terkait pandangan revolusioner Generasi Z terhadap praktik money politik, serta mengidentifikasi tantangan dan strategi dalam mewujudkan perubahan nyata dalam proses politik yang lebih berintegritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur (literature review) dengan menganalisis artikel jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber terkait lainnya yang diterbitkan dalam rentang waktu 2019 hingga 2024. Pencarian literatur dilakukan melalui database akademik dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Generasi Z memiliki kesadaran yang tinggi terhadap bahaya money politik dan dampaknya terhadap demokrasi. Mereka aktif menggunakan media sosial untuk mengkritisi praktik tersebut dan mempromosikan transparansi dalam proses politik. Namun, masih terdapat tantangan seperti pengaruh lingkungan, kurangnya pendidikan politik, dan budaya yang permisif terhadap money politik. Solusi yang dibutuhkan meliputi pendidikan politik yang intensif, penegakan hukum yang kuat, kampanye publik yang efektif, dan kerjasama antara semua pemangku kepentingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...