NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 11, No 10 (2024): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALI COFFEE FACTORY DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN

Dewi Septiani Rosdiana, Neng (Unknown)
Fitriana Poerana, Ana (Unknown)
Utamidewi, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Bisnis coffee shop bergerak di bidang penyajian berbagai minuman berbasis kopi dengan suasana yang santai dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Fenomena booming coffee shop di Indonesia mendorong para pengusaha untuk menghadirkan ide dan inovasi guna menarik perhatian konsumen. Minat dan loyalitas konsumen dapat dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Dali Coffee Factory. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dali Coffee Factory dalam meningkatkan loyalitas konsumen melalui empat elemen yaitu promosi penjualan, penjualan personal, promosi dari mulut ke mulut, serta acara dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu oleh Kotler & Keller. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keempat elemen oleh Dali Coffee Factory mampu meningkatkan loyalitas konsumen. Promosi penjualan yang menawarkan promo setiap hari, penjualan personal yang menciptakan hubungan jangka panjang antara karyawan dan konsumen, promosi dari mulut ke mulut antar pelanggan, serta acara dan pengalaman yang menarik minat dan memberikan pelayanan maksimal, mampu membuat konsumen ingin kembali berkunjung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...