UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 13 No. 3 (2024)

PENGEMBANGAN E-LKPD INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Awwaludin, Faiz Rizky Nur (Unknown)
Novita, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menitik beratkan pada pengembangan soft skills seperti keterampilan sains. Pembelajaran keterampilan sains khususnya pada jenjang SMA masih kurang diminati dan masih terkesan menjadi pembelajaran yang sulit.peningkatan pembelajaran kimia sangat penting untuk  mengatasi  kesulitan pemahaman materi, khususnya dengan materi kesetimbangan kimia. Penggunaan media pembelajaran yang tepat seperti E-LKPD inkuiri terbimbing merupakan salah satu solusi atau inovasi untuk permasalahan ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran E-LKPD Inkuri terbimbing berbasis liveworksheet pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Mojokerto.Desain pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Subyek penelitian terdiri 20 siswa SMA. Hasil validitas dilihat dari beberapa faktor, seperti penyajian, bahasa, desain, dan kelayakan isi yang memiliki modus skor ≥3 sehingga dinyatakan valid. Sedangkan untuk kepraktisan diperoleh dari angket respon dengan tingkat kepraktisan sebesar 95,45%, nilai ini termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD inkuiri terbimbing dapat dilihat dari hasil uji T-test dari keterampilan peserta didik yang memiliki nilai probabilitas <0,05 yang dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan dari keterampilan peserta didik di MAN 1 Mojokerto.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...