Media pembelajaran merupakan suatu rancangan bahan ajar yang dirancang oleh guru demi tercapainya tujuan pembelajaran, dan memudahkan siswa dalam belajar terutama pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing, menganalisis hasil uji kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan di SMAN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Objek dalam penelitian ini adalah uji kelayakan. Instrumen penelitian menggunakan angket validasi dan di analisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil pengembangan media pembelajaran LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Impementation, dan Evaluation. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar
Copyrights © 2024