Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model kegiatan belajar yaitu menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Tata Surya yang dilakukan di SMP Negeri 54 Surabaya. Jenis penelitian ini ialah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII A SMP Negeri 54 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket dengan instrumen yang digunakan yakni lembar observasi, tes tertulis (pretest dan posttest) dan angket respons. Penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan besar skor rata-rata N-Gain yaitu 0,73 pada kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, bisa diambil simpulan bahwa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Tata Surya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024