Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 1 (2024)

Validasi motif batik virus sebagai media pembelajaran biologi

Mucharommah Sartika Ami (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Indonesia)
Bayhaqi Syahrul Bahrudin (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Materi virus merupakan salah satu materi biologi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena objeknya yang sulit diamati secara langsung. Berbagai bentuk media pembelajaran cetak maupun digital telah dikembangkan untuk membantu mengatasi kesulitan belajar materi virus. Motif batik virus belum pernah dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan motif batik virus berdasarkan hasil validasi ahli dan guru biologi sebagai media pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan mengacu model pengembangan Borg & Gall, namun dibatasi hingga tahap ketujuh, meliputi: research and information collection, planning, developing preliminary form of product, preliminary field testing, revising main product, main field testing, dan revising operational product. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang disusun sesuai kepakaran validator. Validator yang dilibatkan adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli batik, dan guru biologi. Data yang diperoleh berupa skor dan saran. Data skor dihitung reratanya dan diinterpretasikan secara deskriptif berdasarkan kriteria tertentu. Data saran dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif batik virus yang dikembangkan memperoleh rerata hasil validasi sebesar 85,34  dari seluruh validator dan memenuhi kriteria valid, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...