Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 1 (2024)

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa Biologi: Model Pembelajaran SIRI

Asham Bin Jamaluddin (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Muhiddin Palennari (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Faisal Faisal (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIRI dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada mahasiswa biologi. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design dan melibatkan 98 mahasiswa biologi di Universitas Negeri Makassar dan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Rubrik keterampilan komunikasi digunakan untuk menilai pernyataan mahasiswa dan hasilnya dianalisis menggunakan ANCOVA pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIRI terhadap peningkatan keterampilan komunikasi mahasiswa. Hasil uji LSD juga menunjukkan bahwa skor keterampilan komunikasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran SIRI berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran PjBL dan Model Jigsaw. Disimpulkan bahwa model pembelajaran SIRI dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...