Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 8 No 1 (2024)

Penerapan Media Pembelajaran Game Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia)

Sri Ayu Anggriani (Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Ramlawati Ramlawati (Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Sitti Rahma Yunus (Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang masalah kesulitan dalam pembelajaran, dimana guru menjadi pusat perhatian. Perlu penyesuaian dengan perkembangan teknologi, globalisasi, dan kemajuan ilmu pengetahuan. Namun, kendala seperti metode pengajaran monoton, minimnya fasilitas, dan kurangnya keterlibatan peserta didik muncul. Hal ini mengakibatkan penurunan motivasi dan pemahaman terhadap materi pelajaran, seperti pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 13 Makassar yang kurang memuaskan, terutama selama masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapan media pembelajaran game kahoot untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini penelitian pre experiment dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dengan 3 kelas eksperimen. Sampel dipilih secara purposive sampling 3 kelas yaitu kelas VIIIA 15 orang; VIII.K 16 orang; dan VIII.J 17 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji uji normalitas, uji t, dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan nilai 0,53. 2) penerapan media pembelajaran Game Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik nilai t_hitung hasil belajar 11,99 dan nilai  t_tabel 1,67. 3) terdapat kesamaan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar yang diajar menggunakan media pembelajaran Game Kahoot dengan nilai  F_hitung hasil belajar 1,28 dan nilai F_tabel  3,23 (H0 diterima).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...