Kifah
Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022

Inovasi Media Pembelajaran Literacy Board Srikandi sebagai Upaya Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar

Wulan Sutriyani (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara)
Dewi Nur Agustin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Data KPAI menunjukkan 67% tindakan kekerasan terjadi di jenjang sekolah dasar. Tingginya kasus kekerasan ini memperlihatkan betapa pentingnya penanaman karakter sejak dini. Perlu adanya media inovatif agar karakter anak dapat terbentuk dengan baik sesuai profil pelajar pancasila. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan kontribusi pada guru sekolah dasar dalam membangun karakter siswa berprofil pancasila melalui inovasi media pembelajaran berbasis budaya lokal. Mitra program PKM ini merupakan lembaga pendidikan Sekolah Dasar yaitu SDIU Fadlun Nafis Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi tahap: (1) sosialisasi, (2) pelatihan, (3) pendampingan dan (4) evaluasi (keberlanjutan). Hasil PKM ini menunjukkan bahwa mitra berperan aktif dalam pembuatan media pembelajaran berbasis budaya lokal yaitu literacy board srikandi berbentuk permainan monopoli yang diintegrasikan dengan tokoh tiga ratu Jepara dengan nilai-nilai keteladanan tokoh yang dapat dijadikan sarana membangun karakter siswa berprofil pelajar pancasila. Selanjutnya dilakukan pendampingan praktik implementasi media literacy board srikandi di sekolah mitra yang menunjukkan keaktifan siswa belajar serta menjawab pertanyaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kifah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup artikel yang dimuat dalam Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah segala bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dengan berbagai metodologi seperti Participatory Action Research (PAR), Asset Based Community Development (ABCD), Community Based ...