SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 060833 Medan Petisah

Yohanna Sinurat (Universitas Katolik Santo Thomas)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas)
Anna Stasya Prima Sari (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2021/2022. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yakni pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari pengujian korelasi dapat di lihat pada koefisien korelasi sebesar  0,620 ≥  0,349 maka dapat disimpulkan hipotesis altervative ( ) diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 060833 Medan Petisah. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana ≥ yaitu sebesar 4,325 dan sebesar 2,042 , maka hipotesis (diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang singnifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar matematika pada kelas 4 SD Negeri 060833 Medan Petisah tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...