Rendahnya hasil belajar siswa kelas III khususnya di bidang tematik menjadi isu dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah paradigma pembelajaran Snowball Throwing yang menggunakan alat bantu audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N Wonoasri 01. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan prosedur penelitian untuk tahap perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi penelitian tindakan kelas (PTK). Sebanyak 10 siswa SD N Wonoasri 01 kelas III, 6 siswa laki-laki, dan 4 siswa perempuan menjadi subjek penelitian. Pengamatan, pengujian, dan pendokumentasian adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Jika nilai rata-rata naik dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II, indikator keberhasilan ditetapkan. Hasil untuk pembelajaran tema siswa berkembang, menurut temuan. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan nilai rata-rata kelas, yang naik dari 61,5 sebelum pra-siklus menjadi 73 pada siklus I sebelum naik sekali lagi menjadi 87,5 pada siklus II. Selain itu data observasi menunjukkan bahwa sebelum di terapkan model Snowball Throwing ada siswa yang terlihat kurang aktif selama pembelajaran dan sesudah diberikan tindakan model pembelajaran siswa terlihat aktif saat kegiatan pembelajaran secara individu maupun secara berkelompok.
Copyrights © 2023