Tuujuan dari penelitian ini yaitu supaya mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle Tipe 7E dengan bantuan media Google Sites terhadap hasil belajar siswa kelas V, Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian ini dengan desain Quasy Eksperiment. Subyek penelitian terdiri dari 50 siswa kelas V SDN Manguharjo Kota Madiun yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data melalui posttest. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan Excel. Penguji hipotesis menggunakan Independen sampel t tes. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu ada perbedaan yang signifikan kelas yang menerapkan model Learning Cycle Tipe 7E dengan bantuan media Google Sites. Hasil penilaian rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 81 serta pada kelas kontrol yang menggunakan model PBL memperoleh rata-rata sebesar 77 dan hasil perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) = 0,035 < 0,05 maka diterima. Model Learning Cycle Tipe 7E berbantuan media Google Sites berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Indonesia
Copyrights © 2024