SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa SDN Kincang 03 Kecamatan Jiwan

Afrida Kiraysa Nurjannah (Unknown)
Elly Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Literasi numerasi adalah kemampuan sesorang dalam melakukan dan menggunakan penalaran yang melibatkan berbagai macam angka. Kegiatan Kampus Mengajar memberi kesempatan mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, karakter serta menegtahui kondisi pendidikan di lapangan. Metode yang digunakan adalah kualitatif berupa wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan literasi dan numerasi siswa melalui kegiatan pemanfaatan sudut baca disetiap kelas, MABAR (Maca Bareng), PENYABAR BACA (Pengayaan Bareng Membaca), METEOR (Numerasi dan Teori) dan NUPRAK (Numerasi Praktek). Adanya program kerja yang disusun dan dilaksanakan mahasiswa saat di sekolah diharapkan dapat dikembangkan serta dilaksanakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...