Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi
Vol. 16 No. 2 (2024): Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, September 2024

Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Jasa Fotografi pada Akun @fearless.creativa

Istikhomah, Fajar (Unknown)
Wahyuni, Eilia Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk membagikan foto atau video yang sifatnya pribadi. Saat ini para pengguna media sosial sangat kreatif dalam memanfaatkan akunnya. Salah satu manfaat media sosial bagi usahawan adalah sebagai sarana promosi. Maka dari itu jasa fotografi Fearless Creativa menjadikan media sosial Instagram sebagai media promosi untuk menarik konsumen. Sebagai media menarik konsumennya, jasa ini memberikan produk foto yang berkarakter, Art, idealis dan update serta menawarkan diskon paket yang dipilih sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana akun @fearless.creativa dalam memanfaatan Instagram sebagai media promosi jasa fotografi fotografi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AISAS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber didapatkan melalui wawancara ouwner, pelanggan ataupun pengikut dari akun @fearless.creativa, serta pengamatan yang dilakukan melalui akun Instagram tersebut. Hasil penelitian ini adalah @fearless.creativa berhasil menerapkan   model marketing AISAS (Attentions, Interest, Search, Action, Share) dalam membangun perhatian, memperkuat minat, memfasilitasi pencarian informasi, mendorong tindakan pembelian, dan mendorong konsumen untuk berbagi pengalaman mereka.   Social media is not only used to share personal photos or videos. Nowadays, social media users are very creative in utilizing their accounts. One of the benefits of social media for entrepreneurs is as a means of promotion. Therefore, Fearless Creativa photography services make Instagram social media as a promotional medium to attract consumers. In an effort to attract consumers, this service provides photo products with character, art, idealism and updates and offers discounts on packages that are selected as needed. The purpose of this research is to find out how the @fearless.creativa account utilizes Instagram as a promotional media for photography services. The theory used in this research is AISAS. This research uses a qualitative descriptive method. Sources are obtained through interviews with ouwner, customers or followers of the @fearless.creativa account, as well as observations made through the Instagram account. The result of this study is that @fearless.creativa successfully applies the AISAS (Attentions, Interest, Search, Action, Share) marketing model in building attention, strengthening interest, facilitating information search, encouraging purchase actions, and encouraging consumers to share their experiences.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

komuniti

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Penelitian komunikasi selalu menawarkan hasil dan temuan yang menarik, up to date dan memberikan kontribusi di berbagai bidang ilmu sosial. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi yang dikelola oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta selalu memberikan ...