Jurnal Ekonomi Bisnis Digital
Vol 1 No 2 (2022): Research Article Volume 1 Issue 2 July 2022

Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Peningkatan Literasi Ekonomi Rumah Tangga Strategi ABG-C (Academic, Business, Government, and Community) Di PKBM AL-MANAR Medan Sumatera Utara

Meidina Wildawati (Universitas Harapan Medan)
T. Lyza Tahura (Universitas Harapan Medan)
Sopi Pentana (Universitas Harapan Medan)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2022

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the effect of entrepreneurship development on increasing household economic literacy, to determine the effect of community empowerment on increasing household economic literacy, to find out whether the ABG-C strategy moderates the effect of entrepreneurship development on increasing household economic literacy and to determine whether the ABG-C strategy moderates the effect of community empowerment on increasing household economic literacy. The total population in the study was 110 people, so the saturated sampling technique was used. The analysis technique used is multiple linear regression and MRA.The results showed that the development of entrepreneurship has a positive and significant effect on increasing household economic literacy, community empowerment has a positive and significant effect on increasing household economic literacy, the ABG-C strategy does not moderate the effect of entrepreneurship development on increasing household economic literacy, the ABG-C strategy does not moderate the effect of entrepreneurship development on increasing household economic literacy. ABG-C strategy does not moderates the effect of community empowerment on increasing household economic literacy. Keywords: Entrepreneurship Development, Community Empowerment, ABG-C Strategy, Improving Household Economic Literacy ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan kewirausahaan berpengaruh terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga, untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan masyarakat terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga, untuk mengetahui apakah strategi ABG-C memoderasi pengaruh pengembangan kewirausahaan terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga dan untuk mengetahui apakah strategi ABG-C memoderasi pengaruh pemberdayaan masyarakat terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga.Jumlah populasi dalam penelitian sebanyak 110 orang, sehingga digunakan teknik sampling jenuh.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga, pemberdayaan masyarakat tidak berpengaruh terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga, strategi ABG-C tidak memoderasi pengaruh pengembangan kewirausahaan terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga, strategi ABG-C tidak memoderasi pengaruh pemberdayaan masyarakat terhadap peningkatan literasi ekonomi rumah tangga. Kata kunci : Pengembangan Kewirausahaan, Pemberdayaan masyarakat, Strategi ABG-C, Peningkatan literasi ekonomi rumah tangga

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jebidi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Digital adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital JEBIDI terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Nopember. JEBIDI bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis digital yang ...