Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan
Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024

Peningkatan Kesehatan Sekolah melalui Pelatihan Pertolongan Sinkope pada Anak Sekolah Menengah Pertama

Sukraeny, Nury (Unknown)
Khoiriyah, Khoiriyah (Unknown)
Syafaat, Arnauly Nurvega (Unknown)
Syahputra, Muhammad Yuga (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Sinkope atau pingsan adalah kondisi di mana seseorang tiba-tiba kehilangan kesadaran dan kekuatan tubuh secara tiba-tiba karena aliran darah ke otak berkurang, namun akan pulih secara spontan. Kesalahan dalam menangani sinkope pada tahap pertama dapat menyebabkan cedera akibat kurangnya pemahaman dan kesiapan dalam menanggapi situasi tersebut. Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif dari kesalahan penanganan sinkope adalah melalui edukasi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan dan staf sekolah SMP N 19 Semarang dalam penanganan sinkope pada tahap pertama. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesiapan kader kesehatan dalam menangani sinkope. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan kesiapan siswa dalam menangani sinkope di SMP N 19 Semarang, seperti yang tercermin dari peningkatan skor pre-test dari 60% menjadi 100% pada post-test. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bahwa edukasi mengenai penanganan sinkope di lingkungan sekolah sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan dalam menangani sinkope dengan tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppk

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal ilmiah hasil-hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan (kesehatan masyarakat, ilmu kedokteran, keperawatan, kebidanan, farmasi, gizi, dan ilmu kesehatan ...