JBK
Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bimbingan dan Konseling

PENERAPAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 4 SINJAI

Rosdiana Rosdiana (SMA Negeri 4 Sinjai)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Sinjai, dan untuk meningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Sinjai, melalui teknik confrontation. Jenis penelitian yang dipilih adalah jenis penelitian eksperimen. Model yang digunakan pre-experiment design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Sinjai sebanyak 12 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian ini, tampak bahwa penerapan teknik confrontation merupakan teknik yang sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada pemberian teknik confrontation, siswa belajar tentang teori belajar yang dirancang untuk membantu para siswa memiliki keyakinan kemampuan diri, sikap optimis dalam menghadapi segala hal tentang diri dan kemampuannya, bersikap objektif, memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki pemikiran rasional dan realistis. Teknik confrontation merupakan keterampilan konselor membantu konseli untuk menyadari adanya kesenjangan antara kata dan perbuatan atau bahasa badan, pikiran, tindakan dan perasaan konseli sehingga konseli dapat merubah perilakunya menjadi terarah dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Copyrights © 2019






Journal Info
JBK

Abbrev

bkmb

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

(JBK) Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu Bulan April dan Oktober oleh STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia. Nomor ISSN Jurnal adalah 2443-0870 (cetak), dan 2798-7140 (Online). Dewan Editor mengundang seluruh dosen, pakar peneliti, akademisi, profesional, dan ...