cover
Contact Name
FIPTAR ABDI ALAM
Contact Email
Lppm.stkipmb093010@gmail.com
Phone
+6285322468678
Journal Mail Official
Lppm.stkipmb093010@gmail.com
Editorial Address
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2 Lalolang, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan
Location
Kab. barru,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JBK
ISSN : 24430870     EISSN : 27987140     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
(JBK) Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu Bulan April dan Oktober oleh STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia. Nomor ISSN Jurnal adalah 2443-0870 (cetak), dan 2798-7140 (Online). Dewan Editor mengundang seluruh dosen, pakar peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, baik berupa hasil penelitian empiris maupun ide konseptual, yang original dan belum pernah diterbitkan di jurnal manapun.
Articles 53 Documents
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP SISWA YANG HIPERAKTIF DI SMA NEGERI 1 TANETE RIAJA Fiptar Abdi Alam
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (2014): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah ”bagaimanakah pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa yang hiperaktif di SMA Negeri 1 Tanete Riaja?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa yang hiperaktif di SMA Negeri 1 Tanete Riaja. Untuk mencapai tujuan tersebut diadakan suatu penelitian langsung sebagai upaya empiris untuk memperoleh jawaban terhadap masalah yang ada dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional, populasi penelitian sebanyak lima responden, sedangkan sampel tetap lima orang dengan teknik penarikan sampel penuh, adapun instrument pengumpulan data digunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pada pertanyaan angket terlihat pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa hiperaktif di SMA Negeri 1 Tanete Riaja adalah nilai kofisien korelasi (“r”) yang diperoleh 1,0 atau memilikipengaruh yang sangat tinggi dan signifikan.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERKEMBANGAN AFEKTIF SISWA SMP NEGERI 2 TANETE RILAU Muhammad Passalowongi
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (2014): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah ” apakah pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Populasi pada penelitian ini sebanyak 394 responden, sedangkan sampel adalah 39 responden diperoleh dengan teknik penarikan teknik proporsional random sampling, adapun instrumen pengumpulan data digunakan teknik angket, sementara teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis regresi sederhana terlihat nilai Ftabel = 4,11 dan Fhitung = 13,9, hal ini berarti bahwa Fhitung> dari Ftabel sehingga Ho tertolak jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau.
PERANAN GURU KELAS DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI SISWA YANG BERMASALAH DI SD INPRES PADAELO KECAMATAN TANETE RILAU Nurdiati Nurdiati
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (2014): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah guru kelas berperan dalam melaksanakan dan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang bermasalah di SD Inpres Padaelo Kecamatan Tanete Rilau? sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah guru kelas memiliki peran dalam melaksanakan dan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang sering bermasalah di SD Inpres Padaelo Kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang bermasalah di SD Inpres Padaelo Kecamatan Tanete Rilau. Penelitian ini menggunakan analisis persentase dengan populasi penelitian sebanyak 112 responden, sedangkan sampel adalah 15 responden diperoleh dengan teknik penarikan purposive sample (sampel bertujuan), adapun instrumen pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memiliki peran cukup penting memanfaatkan layanan BK dalam menangani siswa yang bermasalah di SD Inpres Padaelo, ini terlihat dari rentang interpretasi skor persentase rata-rata berada pada rentang 41%-60% dari hasil penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam menangani siswa yang bermasalah guru kelas telah memiliki peran yang cukup memanfaatkan layanan bimbingingan dan konseling.
PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER PADA SISWA SMA NEGERI I BARRU Abdu Rahman
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (2014): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ” apakah peran guru bimbingan dan konseling dalam pemberian layanan bimbingan karier pada siswa SMA Negeri I Barru?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peranan guru bimbingan dan konseling dalam pemberian layanan bimbingan karier pada siswa SMA Negeri I Barru. Penelitian ini menggunakan analisis persentase dengan populasi penelitian sebanyak 564 responden, sedangkan sampel adalah 56 responden diperoleh dengan teknik penarikan Proportional Random Sampling, adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan skor persentase rata-rata antara 21%-40%. Jadi guru bimbingan dan konseling kurang berperan memberikan layanan dan bimbingan karier pada siswa SMA Negeri I Barru.
PENGARUH PSIKOLOGI ANAK YANG BERMASALAH TERHADAP PERKEMBANGAN AFEKTIF SISWA SMP NEGERI 2 TANETE RILAU Jamal Passalowongi
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (2014): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah adalah bagaimana pengaruh psikologi anak terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikologi anak terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Untuk mencapai tujuan tersebut diadakan suatu penelitian langsung sebagai upaya empiris untuk memperoleh jawaban terhadap masalah yang ada dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan populasi penelitian sebanyak 394 responden, sedangkan sampel adalah 39 responden diperoleh dengan teknik penarikan teknik proporsional random sampling, adapun instrument pengumpulan data digunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis regresi sederhana terlihat nilai Ftabel = 4,11 dan Fhitung = 56,2, hal ini berarti bahwa Fhitung> dari Ftabel sehingga Ho tertolak jadi dapat disimpulkan ada pengaruh psikologi anak terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI GURU YANG PROFESIONAL DALAM MENDIDIK, MEMBIMBING DAN MENGAJAR TERHADAP DAYA INGAT SISWA DI SMA NEGERI I TANETE RIAJA Nashruddin Nashruddin
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (2014): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh layanan informasi guru yang profesional dalam mendidik, membimbing dan mengaja r terhadap peningkatan daya ingat siswa di SMA Negeri I Tanete Riaja? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi guru yang profesional dalam mendidik, membimbing, dan mengajar terhadap peningkatan daya ingat siswa di SMA Negeri I Tanete Riaja? Populasi pada penelitian ini sebanyak 645 siswa, sedangkan sampel sebanyak 65 siswa diperoleh dengan teknik penarikan proportional random sampling, adapun pengumpulan data digunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara, sementara teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil pada penelitian ini menggunakan model regresi sederhana yaitu dengan taraf signifikansi dari regresi yang terjadi, maka dicocokkan dengan kaidah pengujian signifikansi yaitu Ftabel = 4,0 dan diketahui Fhitung = 17,23. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan: (1) Pada penelitian ini diketahui bahwa model regresi sederhana yang terbentuk adalah yang dapat berarti bahwa apabila layanan informasi guru yang profesional dalam mendidik, membimbing dan mengajar ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan pada daya ingat siswa di SMA Negeri I Tanete Riaja sebesar 0,63.
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISWA KURANG ADAPTASI DI SMP NEGERI 1 TANETE RILAU H. Abdul Kahar Yunus
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas bimbingan pribadi dalam memecahkan masalah siswa kurang adaptasi di SMP Negeri 1 Tanete Rilau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan pribadi dalam memecahkan masalah siswa kurang adaptasi di SMP Negeri 1 Tanete Rilau. Populasi pada penelitian ini sebanyak 728 responden, sedangkan sampel adalah 5 responden diperoleh dengan teknik purpossive sampling atau sampel bertujuan. Bimbingan ini adalah bimbingan pribadi pada siswa yang terindikasi memiliki masalah adaptasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan pribadi efektif dalam memecahkan masalah siswa kurang adaptasi di SMP Negeri 1 Tanete Rilau. Hal ini dapat dilihat dari uji t atau uji hipotesis yang menemukan nilai thitung lebiih besar dari ttabel atau 2,7 < 7,8. Sebelum kegiatan berupa gambaran bimbingan pribadi dalam memecahkan masalah berada pada kategori rendah. Dan setelah dilakukan bimbingan pribadi maka kini berada kategori tinggi dan sangat tinggi.
HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 3 BARRU Hasanuddin Hasanuddin
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana hubungan antara manajemen pembelajaran guru Bimbingan dan Konseling di SMPN 3 Barru Kabupaten Barru dan Bagaimana gambaran hasil belajar siswa di SMPN 3 Barru Kabupaten Barru Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rumus korelasi yang akan menarik 24 sampel kelas VII yang juga merupakan populasi dari 120 siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Barru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Tidak terdapat hubungan antara manajemen pembelajaran guru Bimbingan dan Konseling di SMPN 3 Barru Kabupaten Barru. Walaupun pada dasarnya tetap saja ada hubungan yang tidak langsung, dapat dilihat pada kualitas hubungan yang hanya pada nilai r =0,4 yang berarti hubungan kedua variabel lemah atau kurang kuat. Gambaran gambaran hasil belajar siswa di SMPN 3 Barru Kabupaten Barru adalah dari 24 responde nilai rata-rata variabel x adalah 48, variabel y 15,17. median variabel x adalah 47,50 , variabel y 16. demikian juga pada mode variabel x adalah 45, variabel y 13. sementara standar deviasi variabel x 2,519 variabel y 1,85. untuk variance variabel x adalah 6,3 variabel y 3,4. untuk range variabel x adalah 7 variabel y 5, dan terakhir adalah jumlah data variabel x adalah 1152 variabel y 364
PENERAPAN DINAMIKA KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM BERDISKUSI PADA SISWA SMP NEGERI 2 TANETE RILAU Nashruddin Bk
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan dinamika kelompok kemampuan berkomunikasi interpersonal dalam berdiskusi siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran penerapan dinamika kelompok kemampuan berkomunikasi interpersonal dalam berdiskusi siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau dan untuk mengetahui pengaruh penerapan dinamika kelompok kemampuan berkomunikasi interpersonal dalam berdiskusi siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen model pre-test post-test one group design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding, jumlah sampel adalah 35 siswa bermasalah. Hasil penelitian ini menemukan uji hipotesis dari uji hipotesis peneitian pada tingkat signifikan yang digunakan α = 0,05 dengan kriteria adalah tolak Ho jika t hitung ≥ t tabel dan diterima Ho jika t hitung ≤ t tabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: Pemahaman terhadap penerapan dinamika kelompok kemampuan berkomunikasi interpersonal dalam berdiskusi siswa sebelum perlakuan berada pada kategori rendah. Dan pada saat setelah perlakukan beruapa dinamika kelompok selama 4 kali pertemuan, maka pemahaman terhadap penerapan dinamika kelompok kemampuan berkomunikasi interpersonal dalam berdiskusi siswa sebelum perlakuan berada pada kategori tinggi. Dan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan penerapan dinamika kelompok kemampuan berkomunikasi interpersonal dalam berdiskusi siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau.
PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING PADA BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP BERKURANGNYA PERILAKU BULLYING SISWA BERMASALAH DI SMK NEGERI 1 BARRU
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh teknik Role Playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Barru, adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh teknik Role Playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Barru. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen model pre-test post-test one group design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding, jumlah sampel adalah 13 siswa bermasalah. Hasil penelitian ini menemukan uji hipotesis dengan uji t, bahwa Maka dapat diketahui bahwa: ttabel 2,16< t0 8,2. Tingkat signifikan yang digunakan α = 0,05 dengan kriteria adalah tolak Ho jika t hitung ≥ t tabel dan diterima Ho jika t hitung ≤ t tabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: Pemahaman tentang teknik Role Playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Barru sebelum perlakuan berada pada kategori sedang. Setelah diberikan perlakuan berupa teknik Role Playing pada bimbingan kelompok sebanyak 4 kali pertemuan terlihat bahwa siswa sebagai subjek mengalami peningkatan berada pada kategori sangat tinggi, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik Role Playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Barru.