Dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam melibatkan berbagai sudut pandang terhadap keputusan saat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan Socio Scientifict Issues terhadap kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar IPAS siswa kelas III SDN 001 Samarinda Ulu. Menggunakan pendekatan kuantitatif, berjenis quasi eksperimen pada pembelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku. 75 peserta didik dijadikan populasi penelitian, sementara itu 52 siswa dijadikan sempel. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis soal dan analisis hipotesis penelitian.Sebagai hasil dari penelitian rata-rata skor post-test kelompok eksperimen adalah 43.35 poin dan kelas control 30.92. Setelah diuji menggunakan Uji Mann-Whitney U diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan SSI dan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Copyrights © 2024