Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ilmu Pengetahuan Alam materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus. Pada tiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Kuala Tungkal, sedangkan obyek penelitiannya adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Dalam pengumpulan data, penelitian dilakukan dengan tekhnik wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Dari tekhnik analisas datanya dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan dan diakhiri dengan verifikasi. Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi sistem pencernaan pada manusia dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Kuala Tungkal. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran, dari presentase keaktifan belajar pada siklus I siswa aktif 83,3% dilanjutkan pada siklus II terjadi peningkatan 95,8%. Kemudian dari hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 77%, dilanjutkan pada siklus II terdapat peningkatan 88,5%. Kesimpulannya adalah penelitian dengan model pembelajaran Koopetatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem pencernaan pada manusia dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Kuala Tungkal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020