Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran, hasil belajar bertujuan untuk menunjukkan bahwa siswa telah melakukan proses belajar yang meliputi pengetahuan dan keterampilan yang baik secara umum maupun khusus. Untuk itu diperlukan adanya usaha yang dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran cooperative laerning tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang datanya diolah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian bersumber dari Guru Mata Pelajarandan 20 siswa kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Bakongan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kepada siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus Isiswa memperoleh nilai rata-rata 4,72 (89,4%)termasuk dalam kategori baik sekali, untuk hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 90% sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu 80%. Kemudian untuk tes akhir post test siklus I dengan ketuntasan individu (86,5%) sudah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 80%. Hasil penelitian memperlihatkan terjadi peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pembelajaran konfensional. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model koopearif tipe jigsaw memberikan efek yang positif terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru mata pelajaran sebaiknya menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi lainnya.Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Copyrights © 2024