Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Vol 7, No 3 (2022): AGUSTUS 2022

INOVASI PEMASARAN PADA ERA MODERN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BUSANA ANAK

Suci Fitriah (Unknown)
Fadhilah . (Unknown)
Novita . (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Sistem pemasaran secara online atau digital di era modern dimana teknologi dan komunikasi menjadi penggerak utama, pemasaran dengan sistem digital ini memiliki daya tarik pembeli tersendiri, dengan adanya sistem berbelanja secara online dapat menghemat waktu, memberikan kenyamanan dan privasi tersendiri bagi pembeli, serta harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan toko offline, disaat pemasaran online menjadi tren marketing di era modern ini justru ada beberapa pelaku usaha yang melakukan pemasaran secara online sekaligus secara offline yang mengalami penurunan omset penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha busana anak IG Kids dan Hero Kids, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan strategi pemasaran serta untuk mengetahui inovasi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha busana anak di era modern sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi pemasaran yang telah diterapkan menggunakan strategi marketing mix dengan konsep bauran 4p (product, price, promotion, and place). Strategi pemasaran produk dilakukan secara offline dan secara online yang menggunakan akses jaringan internet. Beberapa faktor pendukung seperti modal, teknologi, dan tenaga kerja, dan beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan jumlah teknologi, rendahnya kualitas tenaga kerja sehingga dapat mempengaruhi pelaksanaan strategi pemasaran. Kemudian diperlukannya inovasi pemasaran untuk mengembangkan strategi yang sudah ada. Adapun saran yang dikemukakan ialah diharapkan pelaku usaha melakukan quality control untuk produk busana anak yang akan dipasarkan, serta diharapkan agar dapat terus melakukan inovasi pemasaran produk untuk meningkatkan dan mempertahankan pelanggan dengan mempertahankan online marketing dan offline marketing.Kata kunci: Inovasi Pemasaran, Era Modern, Produk Busana Anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkk

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (JIMPKK) FKIP Universitas Syiah Kuala adalah jurnal elektronik yang berfungsi sebagai wadah untuk publikasi hasil penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Artikel yang ditulis oleh mahasiswa ...