Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Vol 3, No 2 (2018): MEI

STRATEGI PEMASARAN PRODUK DAN JASA MAHASISWA PKK FKIP UNSYIAH DI ERA DIGITAL

Jenni Mastura (Unknown)
. Fadhilah (Unknown)
Fikriah Noer (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2018

Abstract

Strategi merupakan perencanaan yang telah disusun kemudian dikoordinasikan dan dilaksanakan dengan langkah-langkah tertentu yang telah direncanakan dengan upaya dapat mencapai suatu tujuan. Salah satu aspek terpenting dalam bisnis adalah aspek pemasaran, aspek tersebut dapat dirasionalisasikan kedalam suatu pemikiran, yaitu bahwa keberhasilan dalam bisnis banyak ditentukan oleh keberhasilan dalam pemasaran, dan dalam pemasaran itu sendiri dianggap bahwa komponen utama dari keberhasilan bidang pemasaran adalah ketepatan dan efektivitas dalam menerapkan strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya mengetahui strategi pemasaran produk dan jasa mahasiswa PKK FKIP Unsyiah di era digital. Bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk dan jasa Mahasiswa PKK FKIP Unsyiah yang sudah dilakukan, dan yang dapat dikembangkan di era digital. Metode penelitian dalam kajian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari produk usaha yang telah diakui, sedangkan sumber data adalah mahasiswa-mahasiswa PKK FKIP Unsyiah yang sudah menjalankan usaha pribadi minimal 6 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, notulen dan dokumentasi. Teknik pengamatan yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Mahasiswa PKK FKIP Unsyiah melakukan pemasaran dalam usahanya masih menggunakan strategi pemasaran konvensional, pemilik usaha tidak mampu mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran yang dapat dikembangkan di era digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah wirausaha yang dijalankan mahasiswa PKK FKIP Unsyiah sudah baik dengan strategi pemasaran konvensional dibuktikan dengan banyaknya konsumen dan meningkatnya pendapatan setiap bulannya, namun masih kurang efektif jika tidak mengoptimalkan strategi pemasaran digital mengingat perkembangan zaman semakin pesat. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Mahasiswa PKK FKIP Unsyiah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pkk

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (JIMPKK) FKIP Universitas Syiah Kuala adalah jurnal elektronik yang berfungsi sebagai wadah untuk publikasi hasil penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Artikel yang ditulis oleh mahasiswa ...