Tujuan penelitian adalah peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media konkret pembelajaran IPAS dalam hubungan struktur tumbuhan dengan fungsinya di kelas V SD Negeri 04 Klegen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan sifat kolaboratif. Setting penelitian SD Negeri 04 Klegen. Waktu penelitian Mei 2024. Teknik pengumpulan data observasi langsung,alat pengumpul data lembar observasi peserta didik dan observasi guru pada siklus I dan II. Hasil penelitian persentase peserta didik diperoleh belum memenuhi KKM 5 peserta didik tuntas dan 9 peserta didik belum tuntas pada Siklus I dengan presentase 35,71% sehingga hasil yang diperoleh belum mencapai KKM. Siklus II penelitian persentase peserta didik diperoleh memenuhi KKM 11 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik belum tuntas pada Siklus II dengan presentase 78,57% sehingga hasil yang diperoleh sudah mencapai KKM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024