Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Bagaimana mendapatkan Energi Listrik dengan Media berbasis Konkret Kelas V di SD negeri 04 Klegen

Ilham Ma’rufin (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)
Rohmadi Rohmadi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media konkret pembelajaran IPAS dalam hubungan struktur tumbuhan dengan fungsinya di kelas V SD Negeri 04 Klegen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan sifat kolaboratif. Setting penelitian SD Negeri 04 Klegen. Waktu penelitian Mei 2024. Teknik pengumpulan data observasi langsung,alat pengumpul data lembar observasi peserta didik dan observasi guru pada siklus I dan II. Hasil penelitian persentase peserta didik diperoleh belum memenuhi KKM 5 peserta didik tuntas dan 9 peserta didik belum tuntas pada Siklus I dengan presentase 35,71% sehingga hasil yang diperoleh belum mencapai KKM. Siklus II penelitian persentase peserta didik diperoleh memenuhi KKM 11 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik belum tuntas pada Siklus II dengan presentase 78,57% sehingga hasil yang diperoleh sudah mencapai KKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...