Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa SD pada materi Sumber Daya Alam (SDA) melalui penggunaan media pembelajaran video. Rendahnya nilai hasil belajar siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diambil melalui tes pilihan ganda. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 5 di SD Negeri Danurejo 1 dengan jumlah responden sebanyak 10 siswa. Hasil penelitian dari data pra siklus, persentase siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan sebesar 30%. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkat menjadi 50%. Sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkat kembali mencapai 80%. Dengan demikian, terjadi peningkatan 30% dari hasil siklus I ke siklus II. Maka, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Sumber Daya Alam (SDA) di kelas tinggi.
Copyrights © 2022