Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 02 Kutoarjo

Sherin Dinda Kirani (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Irma Septiyaningsih (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Putri Asmazta Yusvinthawati (Universitas Muhammadiyah Magelan)
Ispra Tri Ardiyanto (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya pemahaman konsep siswa dalampembelajaran IPA materi Panas dan Perpindahannya. Peneliti ini memberikan solusi denganpenerapan metode demonstrasi, suatu metode pembelajaran dengan cara memperagakan barang,kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melaluipenggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedangdisajikan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah modelpenelitian yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Adapun desain PTK penelitian ini mengacu pada skema yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Kutoarjo KecamatanKutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah seluruh siswa yang dijadikansubjek dalam penelitian adalah 10 siswa yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 5 orangsiswa laki-laki. Adapun instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah 25 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas V SD Negeri 02Kutoarjo didapatkan data awal dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 50,25 maka dari itudiadakan penelitian agar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapanmetode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Panas dan Perpindahannya. Setelah itu,berdasarkan hasil penelitian terungkap adanya peningkatan hasil evaluasi siswa pada siklus I siswamemiliki rata-rata 65,59 sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata 75,49 dengan presentasekenaikan dari pra-siklus ke siklus I meningkat sebesar 17,89% sedangkan dari siklus I ke siklus IImeningkat sebesar 27,58% dan dari pra-siklus ke siklus II meningkat sebesar 46,25% maka dari itudengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkat pemahaman siswa pada pembelajaranIPA materi Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 02 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo,Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...