Kreativitas guru dalam merancang pembelajaran diwujudkan dalam merancang perencanaan pembelajaran menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi saat ini. Guru sebagai fasilitator memiliki tanggung jawab membuat keaktifan siswa saat melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini sebagai analisis kreativitas guru untuk meningkatkan keaktifan siswa SD Negeri 02 Pangongangan Kota Madiun pada pembelajaran tematik masa pandemi. Penentuan subjek diambil dari setengan jumlah siswa keseluruhan kelas IVB dengan jumlah 13 siswa dan 1 guru kelas IVB. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan triangulasi sumber danĀ triangulasi teknik. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi guru telah melakukan kreativitas guru dalam meningkatkan keaktifan siswa, dengan demikian perlunya seorang guru melakukan kreativitas agar meningkatkan keaktifan siswa.
Copyrights © 2022