Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Analisis Kreativitas Guru untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik di SDN 02 Pangongangan Madiun Pada Masa Pandemi

Desiana Candrasari (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Kreativitas guru dalam merancang pembelajaran diwujudkan dalam merancang perencanaan pembelajaran menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi saat ini. Guru sebagai fasilitator memiliki tanggung jawab membuat keaktifan siswa saat melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini sebagai analisis kreativitas guru untuk meningkatkan keaktifan siswa SD Negeri 02 Pangongangan Kota Madiun pada pembelajaran tematik masa pandemi. Penentuan subjek diambil dari setengan jumlah siswa keseluruhan kelas IVB dengan jumlah 13 siswa dan 1 guru kelas IVB. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan triangulasi sumber danĀ  triangulasi teknik. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi guru telah melakukan kreativitas guru dalam meningkatkan keaktifan siswa, dengan demikian perlunya seorang guru melakukan kreativitas agar meningkatkan keaktifan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...