Penelitian ini membahas tentang model Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan berat pada peserta didik kelas II SDN 05 Madiun Lor, Kota Madiun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kolaboratif kualitatif-kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui tabel wawancara, observasi, evaluasi, temuan di lapangan, dan berbagai sumber yang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran yang menggunakan indikator pencapaian dengan kriteria ketuntasan minimum sekolah, yaitu ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model PBL dapat diterapkan pada mata pelajaran Matematika satuan berat benda berbantuan media konkrit (timbangan), (2) Hasil belajar melalui model PBL pada Matematika materi satuan berat siklus 1 memperoleh persentase 70,4% sedangkan pada siklus 2 memperoleh persentase 96,3%. Hal ini menandakan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dilakukan dengan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 26,1%.
Copyrights © 2024