Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Membaca Teks Naratif Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV

Pawestri Lintang Yuhansa Hariyadi (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Ceriang Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan model Quantum Learning berbantuan media Canva terhadap kemampuan membaca teks naratif Bahasa Indonesia kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian terdiri dari 50 siswa, dengan sampel sebanyak 27 siswa. Data mengenai hasil kemampuan membaca dikumpulkan melalui tes, observasi dan analisis statistic menggunakan SPSS 20. Perolehan penelitian memperlihatkan jika ditemukan diferensasi secara signifikan dalam nilai posttest antara kelas eksperimen (memanfaatkan model pembelajaran berbantuan media canva). Hasil analisis hipotesis memperlihatkan nilai signifikasi (2-tailed) ≤ 0,05, dengan nilai posttest pada kelas eksperimen senilai 86,1 serta kelas kontrol senilai 76,3. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran Quantum Learning dengan media Canva menunjukkan kemampuan membaca pada teks naratif lebih baik disandingkan atas siswa yang tidak memanfaatkan model pembelajaran dan media tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...