Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Novia Cahyani Putri (Universitas PGRI Madiun)
Sri Budyartati (Universitas PGRI Madiun)
Lingga Nico Pradana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Model Problem Based Learning adalah salah satu yang dibangun di atas beberapa masalah yang memerlukan penyelidikan yang sungguh-sungguh, atau pertanyaan yang menuntut solusi nyata atas masalah yang muncul dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model Problem Based Learning untuk literasi sains pada siswa kelas IV SDN 01 Winongo. Peserta penelitian adalah siswa SDN 01 Winongo kelas IV B. Desain pretest dan posttest digunakan dalam metode penelitian kuantitatif jenis ini, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Maksimal 20 siswa dari satu kelas, Kelas IV B, digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Hal ini terbukti dari analisis data bahwa ada peningkatan literasi sains setelah menggunakan model Problem Based Learning. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kelas IV SDN 01 Winongo memang menerapkan model Problem Based Learning ditinjau dari literasi sains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...