Model Problem Based Learning adalah salah satu yang dibangun di atas beberapa masalah yang memerlukan penyelidikan yang sungguh-sungguh, atau pertanyaan yang menuntut solusi nyata atas masalah yang muncul dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model Problem Based Learning untuk literasi sains pada siswa kelas IV SDN 01 Winongo. Peserta penelitian adalah siswa SDN 01 Winongo kelas IV B. Desain pretest dan posttest digunakan dalam metode penelitian kuantitatif jenis ini, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Maksimal 20 siswa dari satu kelas, Kelas IV B, digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Hal ini terbukti dari analisis data bahwa ada peningkatan literasi sains setelah menggunakan model Problem Based Learning. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kelas IV SDN 01 Winongo memang menerapkan model Problem Based Learning ditinjau dari literasi sains.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023