Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik

Anisah Yulianti, (Universitas PGRI Madiun)
Suyanti Suyanti (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi yang terdiri dari media pembelajaran animasi sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri 04 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan uji t. Uji statistik yang diambil adalah uji Independent sample test. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol menyatakan bahwa H0 ditolakdan Ha diterima karena nilai thitung > ttabel (6,325 > 2,024). Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 04 Madiun Lor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...