Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik mengenaimateri bangun datar dengan menggunakan media pembelajaranscrapbookdi kelas III SDN 01Manisrejo. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Manisrejo dengan subjek penelitian peserta didik kelasIII-A berjumlah 24 dan kelas III-B berjumlah 24 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metodeQuasi Eksperimendengan desainyang digunakan adalahNon-Equivalent Control Group Design, hal ini dikarenakan peneliti melibatkandua kelas dalam pengambilan sampelnya. Pada design ini peneliti menerapkanpretestdanposttestpada dua kelompok tersebut baik yang dijadikan kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Instrumenyangdigunakanberupatespilihanganda.Hasilpenelitianmenunjukkankelompokkontrolmemperoleh rata-rata skorpretest69,17 danposttest69,37 sedangkan kelompok eksperimenmemperoleh rata-rata skorpretest62,92 danposttest75. Dari data tersebut terdapat perbedaan rata-rata skor sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan mediascrapbook. Selanjutnyadata diuji dengan uji normalitas yang memperoleh hasil 0,075 > 0,05 sehingga dapat disimpulanbahwa data tersebut berdistribusi normal. Hasil dari uji homogen sebesar 0,128 > 0,05. Uji hipotesismenunjukkan sig(2.tailed)0,041. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaranscrapbookyang digunakan berpengaruh terhadap pemahaman materi bangun datar peserta didikkelas III di SDN 01 Manisrejo
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022