Peneliti menemukan permasalahan dari aspek siswa adalah siswa sering ramai selama pembelajaran, memiliki konsentrasi yang berbeda-beda, dan sering kesulitan memahami materi atau istilah-istilah baru. Sehingga peneliti memilih jalan tengah dengan yang dapat memusatkan pehatian siswa terhadap materi. Dipadukan dengan unsur elektonik didalam Flipbook serta game edukasi yang menyenangkan sehingga fleksibilitas belajar peserta didik dapat dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan hasil dari penggunaan media permainan edukasi pada media Flipbook tematik dalam meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar siswa terhadap materi. Penelitian ini memakai pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang digunakan guru kelas 5, dan siswa kelas A dan B SDN 02 Pangongangan Kota Madiun, dengan total siswa 55 anak. Metode yang digunakan untuk mengambil data adalah dari observasi, wawancara, dan tes. Dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwasanya pelaksanaan penggunaan media game edukasi pada Flipbook tematik dinyatakan berhasil terlaksana dengan baik. Hasil penerapan media ini adalah siswa suka dan senang serta lebih memperhatikan pembelajaran, sehingga kelas lebih kondusif, siswa lebih mudah memahami materi, menghafal istilah-istilah dalam materi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023